"Orang yang sukses tidak akan mengeluh bagaimana jika gagal, melainkan berusaha bagaimana untuk berhasil"

Universitas Gunadarma

Pengunjung

Rabu, 30 September 2015

Tugas 3 - Faktor Yang Mempengaruhi Proses Pengambilan Keputusan Oleh Konsumen

Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen tersebut, sebagai berikut :
Terdapat lima faktor internal yang relevan terhadap proses pembuatan keputusan pembelian:
1. Motivasi (motivation) merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk mencapai 
    tujuan tertentu.
2. Persepsi (perception) merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau kejadian yang
    diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamannya terhadap rangsangan tersebut.
3. Pembentukan sikap (attitude formation) merupakan penilaian yang ada dalam diri seseorang yang
    mencerminkansikap suka/tidak suka seseorang akan suatu hal.
4. Integrasi (integration) merupakan kesatuan antara sikap dan tindakan. Integrasi merupakan respon
    atas sikap yang diambil. Perasaan suka akan mendorong seseorang untuk membeli dan perasaan
    tidak suka akan membulatkan tekad seseorang untuk tidak membeli produk tersebut.

Selain itu terdapat juga factor – factor lain yang mempengaruhi yaitu :
a.  Kebudayaan.
    Kebudayaan adalah simbul dan fakta yang kompleks, yang diciptakan oleh manusia, diturunkan
    dari generasi ke generasi sebagai penentu dan pengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat
    yang ada.
b. Kelas social
    Pembagian masyarakat ke dalam golongan/ kelompok berdasarkan pertimbangan tertentu, misal
    tingkat pendapatan, macam perumahan, dan lokasi tempat tinggal.
c. Kelompok referensi kecil
    Kelompok ‘kecil’ di sekitar individu yang menjadi rujukan bagaimana seseorang harus bersikap
    dan bertingkah laku, termasuk dalam tingkah laku pembelian, misal kelompok keagamaan,
    kelompok kerja, kelompok pertemanan, dll.
d. Keluarga
    Lingkungan inti dimana seseorang hidup dan berkembang, terdiri dari ayah, ibu dan anak. Dalam
    keluarga perlu dicermati pola perilaku pembelian yang menyangkut:
    • Siapa yang mempengaruhi keputusan untuk membeli.
    • Siapa yang membuat keputusan untuk membeli.
    • Siapa yang melakukan pembelian.
    • Siapa pemakai produknya.
e. Pengalaman
    Berbagai informasi sebelumnya yang diperoleh seseorang yang akan mempengaruhi perilaku
    selanjutnya.
f. Kepribadian
    Kepribadian dapat didefinisikan sebagai pola sifat individu yang dapat menentukan tanggapan
    untuk beringkah laku.
g. Sikap dan kepercayaan
    Sikap adalah suatu kecenderungan yang dipelajari untuk bereaksi terhadap penawaran produk
    dalam masalah yang baik ataupun kurang baik secara konsisten. Kepercayaan adalah keyakinan
    seseorang terhadap nilai-nilai tertentu yang akan mempengaruhi perilakunya.
h. Konsep diri
    Konsep diri merupakan cara bagi seseorang untuk melihat dirinya sendiri, dan pada saat yang sama
    ia mempunyai gambaran tentang diri orang lain.


sumber :
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/manajemenpemasaran/bab4_prosespengambilankeputusandanperilakukonsumen.pdf
http://www.slideshare.net/imanmulyana/keputusan-pembelian
http://adindadira.blogspot.co.id/2013/10/analisis-demografi.html